Sabtu, 28 September 2013

Memanfaatkan Lahan sekitar Rumah untuk Menanam Sayur

       Kebutuhan sehari hari pada tahun 2013 ini banyak sekali mengalami kenaikan harga, terutama setelah pemerintah mengumumkan kenaikan harga BBM dengan dalih untuk mengurangi besarnya Subsidi bahan bakar minyak yang harus di tanggung negara setiap harinya. Hal ini akan banyak mempengaruhi harga semua kebutuhan hidup sebagai efek domino dari harga BBM yang naik. Bahkan jauh hari sebelum pememerintah mengumumkan kenaikan harga BBM harga kebutuhan sehari - hari sudah naik terlebih dahulu 10 - 15 %.
       Tak salah kiranya kalau kita saat ini harus pandai-pandai mengatur keuangan kita agar semua bisa tercukupi dan sesuai dengan kebutuhan yang kita keluarkan. Jangan sampai kita besar pasak dari pada tiang yang ujung-ujungnya kita juga akan sulit mengatur kebutuhan keungan kita. Salah satu cara dalam membantu menekan pengeluaran kita adalah dengan cara memanfaatkan lahan pekarangan atau kebun di sekitar rumah kita dengan tanaman yang bisa menghasil sayuran dan buah-buahan yang dapat menambah Variasi Konsumsi dan Gizi keluarga kita. Kita harus tahu juga tanaman-tanaman apa saja yang bisa menghasilan dan cocok di usahakan dalam sekali kecil ( Keluarga ) atau Hoby yang bisa menghasilkan dan mudah dalam perawatannya. Diatara tanaman sayur yang bisa dan mudah di usahakan dalam sekala kebun diantaranya adalah : Terong, sawi, kubis, cabe, tomat, pepaya, kacang panjang, parea, bunga kol, selada air.
       Lahan yang di butuhkan untuk menanam tanaman di atas tidak perlu luas bahkan bisa di usahakan di dalam Pot atau Polybag. Polybag bisa menggunakan ukuran 30 x 35 Cm atau dapat memuat media tanam 5-7 Kg. Media yang di gunakan dapat merupakan campuran dari tanah : pupuk kandang dengan perbandingan 5 : 1. Selain itu perlua adanya penambahan kapur Pertanian ( Dolomit ) dan pupuk Za, TSP dan KCL sebagai pupuk dasar tanaman. Tanaman tersebut mempunyai siklus panen yang pendek sehingga bisa diusahakan siapa saja, yang penting bisa meluangkan sedikit waktu untuk perawatan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar